Peduli Membaca

Dari apa yang kita baca, menjadi apa yang kita buat…

Dari apa yang kita baca, menjadi apa yang kita buat…
23 Jul

Namanya Fajar Agus Setyawan, akrab dipanggil Fajar. Lajang satu yang satu ini, kini tengah menekuni profesi di bidang pendidikan untuk anak SD di Cilacap. Saat ini ia tinggal di Dusun Cihandiwung Kidul, Desa Adimulya Kecamatan Wanareja, Cilacap. Beberapa waktu yang lalu ia sempat menjalani Pelatihan Remaja untuk Percepatan Desa, di Pelita Desa, Ciseeng Bogor. “Saat ini saya mengajar di SD dan sedang memulai membuat perpustakaan mini untuk masyarakat sekitar, juga mencari teman-teman sekitar yang mau atau sedang mengembangkan dirinya agar mau untuk ikut serta membantu pembangunan di desanya,” ungkap Fajar sambil tersenyum.

Berawal dari hobi membaca, ia ingin menularkan ke anak didiknya serta lingkungan sekitar agar peduli membaca.

“Saya Juga punya keinginan… Dari apa yang kita baca menjadi apa yang kita buat…”

Dari apa yang kita baca, menjadi apa yang kita buat…

Saat ini perpustakaan mininya baru melayani kegiatan membaca gratis di tempat saja. Untuk penyediaan bahan bacaannya, Fajar bekerjasama dengan Komunitas Peduli Membaca (www.pedulimembaca.com). Saat ini perpustakaan mini yang bernama “Pustaka Mini” ini berlokasi di jalan jambu RT 03/04 desa adimulya kecamatan Wanareja.

Tempat yang digunakan sebagai lokasi Pustaka Mini ini awalnya adalah gudang kayu dan garasi kecil milik ibu Alvarez Yuliana Pambayun. Beliau ini seringkali mengadakan les membaca dan les mapel untuk anak-anak SD di rumahnya. Akhirnya bergayung bersambut untuk mendirikan tempat untuk membaca bagi anak-anak yang les dan remaja sekitar. Dengan harapan agar tingkat membaca anak sekitar kembali meningkat. Fajar dan temen-temannya pun segera mengubah garasi kosong menjadi Pustaka Mini.

“Soalnya di daerah kami ini, kegiatan membaca menjadi suatu hal yang asing. Anak-anak, waktunya cuma habis untuk bermain gadget dan game komputer. Tingkat membaca pun juga termasuk yang paling rendah…”

Dari apa yang kita baca, menjadi apa yang kita buat…

Ke depan Fajar dan kawan-kawan sudah mulai melakukan perluasan terhadap kegiatan yang akan mereka lakukan bersama.

“Saat ini kami ada beberapa rencana ke depan, selain pendirian Pustaka Mini ini. Saya sedang memantau prospek kebun merica di desa kami, juga menjajaki potensi lahan kosong di sekitar sini. Ada wacana ingin menjadikannya tempat wisata di desa.”

Oke deh, buat fajar dan teman-teman. Semoga sukses ya. Tetap berjuang dan berbagi untuk masyarakat dan membangun desa! Untuk yang ingin mampir atau menyumbangkan bahan bacaan bisa kontak sdr. Fajar di Hp. 0831 0320 9090.

(wan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *