Peduli Membaca

Pustaka Mini Desa Ciadeg

Pustaka Mini Desa Ciadeg
20 Jul

Akademi UMKM – Pada Hari Sabtu, 18 Juli 2020, Yayasan Lumbung dan Tim Komunitas Peduli Membaca, berkesempatan untuk mampir ke Kampung Gembrong, Desa Ciadeg, Bogor. Seperti biasa, agenda perjalanan kami kali ini adalah untuk mendirikan PUSTAKA MINI Gratis untuk anak-anak dan remaja di Kampung Gembrong. Agar teman-teman disana dapat memiliki taman bacaan sendiri dan dapat membaca kapan saja. Ini adalah Pustaka Mini ke-7 yang kami dirikan dalam 1 tahun belakangan ini. Semua kegiatan ini bisa disimak di website resmi kami www.pedulimembaca.com

Kedatangan kami disambut oleh Bp. Muhtar yang akrab disapa Pak Mumuh. Beliau adalah seorang petani cabai yang juga salah seorang pengurus Masjid Al Khoerot, tempat dimana nantinya kami akan mendirikan Pustaka Mini.

Pustaka Mini Desa Ciadeg

Tak disangka saat kami naik ke lantai dua Masjid Al Khoerot, sudah hadir puluhan anak-anak SD, penduduk asli kampung gembrong. Luar biasa meriah. Beberapa tokoh desa dan remaja lokal juga turut menemani kami.

Setelah sedikit berbincang dengan anak-anak Desa Ciadeg ini, kegiatan berikutnya adalah bersama-sama merakit rak buku dan merapihkan buku, dipandu langsung oleh Ketua Komunitas Peduli Membaca, Ibu Tuti Nurhayati. Anak-anak terlihat sangat antusias. Beberapa juga terlihat tak sabar untuk langsung memilih buku dan langsung ambil posisi yang nyaman untuk membaca.

Nantinya kegiatan Pustaka Mini akan dikoordinir oleh remaja setempat. Salah satunya Kak Cantika namanya. Mengingat pandemi covid-19 yang saat ini sedang mewabah di negri ini, maka alangkah baiknya agar anak-anak tidak bersekolah dulu, namun kegiatan belajar dan membaca bisa dilakukan di Pustaka Mini ini namun dengan tetap mengkedepankan protokol kesehatan. Seperti mencuci tangan terlebih dahulu sebelum masuk dan menjaga jarak saat membaca. Alhamdulillah menurut data terakhir, di desa Ciadeg ini tidak ada satupun kasus Covid-19. Semoga hal ini tetap terjaga terus hingga wabah mereda di Indonesia.

Selain bahan bacaan seperti buku cerita, komik, majalah remaja, Tim juga mendapatkan tambahan sumbangan buku-buku pelajaran yang lumayan banyak dari adik Abhinaya dan keluarga di Sawangan, Depok. Dengan adanya buku-buku pelajaran ini akan sangat membantu anak-anak Kampung Gembrong jika ingin belajar, mengingat banyak sekolah belum aktif dan masih ada sekolah yang mengajar secara online.

Oke deh, semoga Pustaka Mini ini bisa memberikan manfaat yang besar untuk anak-anak dan masyarakat di Kampung Gembrong. Oiya, kami juga menerima sumbangan bahan-bahan bacaan anak ya. Buat teman-teman yang ikutan donasi bacaan anak bisa kontak kami. Ke depan… Yayasan Lumbung dan Komunitas Peduli Membaca akan terus mencari tempat-tempat lain yang membutuhkan taman bacaan, karena dengan membaca buku… kita bebas… Hmm, jadi teringat kata-kata dari Bapak Moh. Hatta :

“Aku rela dipenjara bersama buku, karena dengan buku aku bebas…”
Moh. Hatta (Wakil Presiden Republik Indonesia ke-1)


Oleh : Wan



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *